Cara Unik Jutaan Laba-Laba Menyelamatkan Diri Dari Banjir

Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutera yakni helaian serat protein yang tipis namun kuat dari kelenjar (disebut spinneret) yang terletak di bagian belakang tubuhnya..Serat sutera ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba-laba, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain. Namun di paskistan terdapat ke unikan dari laba-laba yaitu Efek samping yang tak terduga dari banjir di beberapa bagian Pakistan mengakibatkan jutaan laba-laba naik ke atas pohon untuk menghindari banjir.  Laba-laba tersebut membuat jaring di pepohonan sehingga tampak seperti kepompong.

Karena skala banjir yang besar dan waktu surut air yang terlalu lama (sudah berlangsung enam bulan), banyak pohon telah menjadi kepompong dalam jaring laba-laba. Orang-orang di daerah tersebut belum pernah melihat fenomena ini sebelumnya, dan mereka juga melaporkan bahwa populasi nyamuk menjadi berkurang dari yang mereka kira, mengingat air yang tergenang adalah tempat berkembang biak nyamuk. Diperkirakan, nyamuk tertangkap dalam jaringan laba-laba sehingga mengurangi risiko malaria.

foto

Laba-laba yang Menyelamatkan Diri dari Banjir

Ribuan laba-laba membuat jaring tebal sampai menutupi rumah, padang rumput, dan pepohonan, di sekitar kawasan Wagga Wagga di Australia yang kena banjir. Ribuan laba-laba ini terpaksa mencari tempat tinggal baru setelah air merendam habitat mereka.

Posted on March 10, 2012, in Artikel, Info Unik and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: