Menentukan Diameter Packed Column Absorber

Agar supaya kontak gas dengan cairan berjalan baik, maka gas dan cairan tersebut harus masuk ke dalam kolom bahan isian dengan laju tertentu.

Secara alamiah cairan yang mengalir ke bawah akan memilih lewat pada titik yang tahanannya rendah, sehingga di titik tersebut cairan akan mengalir ke bawah lebih cepat dibandingkan di tempat lain yang tahanannya lebih tinggi, akibatnya akan terjadi semacam saluran (channel) cairan sepanjang kolom sebagai akibat tidak meratanya tahanan. Peristiwa ini disebut channeling yang akan mengakibatkan kontak gas-cair yang tidak baik.

Tahanan yang tidak merata ini disebabkan oleh laju gas atau cairan yang terlalu kecil (karena diameternya terlalu besar atau karena perbandingan laju gas dan cairan sudah tertentu) atau karena terbentuknya rongga-rongga pada tumpukan susunan packing sebagai  akibat kesalahan pada waktu pengisian packing.

Apabila kecepatan atau tekanan gas terlalu besar (karena diameter terlalu kecil), maka laju turunnya cairan kebawah akan terganggu oleh aliran gas yang keatas. Pada suatu tekanan atau kecepatan gas tertentu akan berakibat mulai terjadinya pengumpulan cairan didalam kolom (terjadi peningkatan liquid hold up). Pada kondisi loading ini, peningkatan laju gas sedikit saja akan menyebabkan peningkatan pressure drop yang sangat besar. Jika laju gas terus dinaikkan maka cairan tidak mengalir ke bawah tapi mengumpul di bagian atas kolom kemudian terjadi aliran balik dan cairan tumpah keluar kolom sehingga terjadi flooding (banjir).

Suatu kolom bahan isian bisanya dioperasikan pada kondisi sesaat sebelum loading. Pada kondisi ini aliran cairan akan relatif merata sehingga transfer massanya akan baik. Dalam perancangan kolom bahan isian, biasanya diambil kecepatan gas sebesar 50%-70% kecepatan flooding.

Posted on May 25, 2012, in Artikel, Migas, Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: